sedekahMenurutku..
Sekali lagi menurutku lho yes… Menunaikan Sholat 5 waktu rutin seumur hidup seorang umat muslim, tidaklah serta merta menjadikannya otomatis masuk surga…. Niyat gampang klo cuman gitu.. Hehe.. Begini maksud saya, menurutku sholat itu hanya salah satu syarat untuk mendapatkan paspor.. So, bagi yg sholatnya rajin otomatis dapat paspor.. Yg tidak sholat, pasti tidak dapat paspor..

Lha trus yg namanya Syahadat, zakat, puasa dan Haji bagi yang mampu.. Itu adalah 4 syarat lainnya… Ingat yes..baru syarat dapat pasport lho yes.. Jadi, ngga ada rumusnya baru nglaksanakan puasa atau zakat koq trus berpuas diri pasti masuk surga… “No way..”, Kata wong londo enggris..

Jadi, skali lagi iki menurutku lho yes.. Syarat bikin pasport, selain photo 4×6, kita harus persiapkan dgn baik data2 pendukung lain seperti  yg namanya syahadat, sholat, zakat, puasa.. Dan bahkan, bagi yg sdh dianggap dan merasa dirinya Mampu.. Ada Syarat tambahan.. menunaikan ibadah haji menjadi syarat wajib baginya.

Saya koq meyakini, hal ini juga berlaku untuk agama lain.. Misalnya sodara2 kita umat kristiani.. Rajin ke Gereja itu seharusnya baru syarat untuk mendapatkan ‘Pasport’.. Dan belum bisa membuat mereka bebas berwisata di Surga milik Alah Bapa mereka..

Udah gitu.. klo sampeyan dah pegang paspor, emang langsung bisa berangkat ke luar negri?? Ya enggak tho… Masih diperlukan banyak hal untuk menuju yg namanya luar negeri.. Ya ngurus visa, mbayar.. Beli tiket pesawat, mbayar.. Airport tax, mbayar.. Taxi di sononya, mbayar.. Hotel, mbayar.. Mbayar, mbayar, mbayar..

Nah..Berarti, setelah kita pegang paspor…masih dibutuhkan banyak ‘uang saku’ untuk bisa mencapai yg namanya ‘luar negri’…Dan Sepertinya, luar negri yg bernama SURGA pun menurut saya koq sama.. Paspor sebagai syarat wajib bisa berangkat.. Tapi tetep musti Punya banyak ‘uang saku’ untuk bisa berangkat.. Tapi juga sebaliknya, si kliwon, juragan mie ayam di kampungku.. punya rumah, punya kontrakan, mobilnya dua.. Speda motornya empat..tabungan juga oke.. Tapi pasti ngga akan mungkin bisa tamasya ke singapura.. Wong dia ngga pernah ngurus dan punya paspor..hehe..mbingungin khan..?

Wis, kembali ke laptop aja dulu.. klo memang bener demikian, maka setelah yakin pasti dapat pasport.. kita tinggal mencari sebanyak2nya ‘Uang Saku’.. dan salah satu cara yg paling efisien dalam memperoleh serta mengumpulkan ‘Uang Saku’ adalah sodaqoh..sbab, sodaqoh tuh pahalanya bisa kayak MLM.. Bahkan lebih hebat dari income-nya AMWAY lho.. Coba perhatikan janji Beliau:

“Permisalan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Dan Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 261.)

So.. Jelas tho.. 1:700 lho.. Dan itu janji Beliau..mosok Tuhan bo’ong..yang bener aja..hehe

Syaratnya cuman satu koq.. Ikhlas… Wis, itu aja.. jadi, klo kita lemparkan Rp 1000 maka Allah janjikan, pasti Balik Rp 700.000 … Lha klo pengin punya uang saku Rp 700 jt… Ya tinggal lemparkan aja Rp 1 jt dengan ikhlas…. Allah ngga mungkin bo’ong toh?!! (tentang ‘ikhlas’, ntar kita bahas tersendiri di judul selanjutnya yes..)

Emang sih, ada 4 kemungkinan cara Allah balikin 700x nya pada kita..
1) secara langsung.. Saat itu juga kita diberi gantinya
2) Beliau tunda, entah besuk, lusa, bln depan, th depan.. 10 th lagi.. Terserah Beliau
3) subtitusi.. Misalnya, Ngasih senyum, dapat roti..
4) kalo ngga sempat di kasihkan di dunia, Beliau jadikan amalan di akherat…
Kadang, alternatif ke 4 itulah yg bikin kita ragu,”apa iya bener, kita dapat ganti 700x ??”

Bodho… Kan udah jelas, Agamaku, Agamamu dan bahkan Agama mereka selalu mengajarkan dan bahkan meyakini bahwa “TUHAN ngga mungkin BOHONG”.. trus nunggu apalagi???

Gini..gini.. Kalian mungkin akan ragu, hari ini mau sodakoh Rp 5000 tapi takut kalo 700x nya jangan2 akan beliau balikin dgn cara alternatif ke 4..  Gampaaang.. Allah kan Maha Pemurah lagi Maha kreatif.. Bagi aja sodaqoh mu 5x Rp 1000…. Lempar dengan ikhlas… Pasti Allah akan bervariasi pula nglempar balik 700x nya ke kalian.. Coba deh… Yg pasti HARUS IKHLAS lho yes..

dan ingat lho yaa, jangan salah mengartikan dan mencampur adukan antara ‘syarat mendapatkan paspor’ dengan cara mencari uang saku.. Hati-hati, Zakat laiiin pool lho ama sodaqoh… Zakat yg hanya 2,5% dari harta kita itu kewajiban…

Seperti halnya Perpuluhan: berarti persepuluh, yang dalam perjanjian lama, Abraham melakukannya sebagai tanda syukur (Kejadian 14:20) itu adalah kewajiban..yang harus dilakukan karena merupakan bagian dari ucapan syukur karena telah menerima keselamatan.. Demikian pemberian sedekah tidak mendekatkannya kepada Allah. Karena Allah adalah Bapanya, ia memberi sedekah sebagai tanda terima kasih kepada Allah dan dengan hati penuh sukacita (Injil, Surat II Korintus 9:7).

Bener lho yaa.. Jangan keliruuuuuu… sebab itu haknya fakir miskin..kita cuman dititipi ama Beliau, dan di test apakah kita bisa berfungsi bagaikan ‘TALANG AIR’..

Trus, satu lagi.. Yg kadang jadi polemik adalah, harus sembunyi2 atau sebaiknya terang2an ???? Menurut saya, yang penting melaksanakan.. Biar Allah nanti yg menilainya.. Coba perhatikan bunyi surah Ibrahim ayat 31:

“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang beriman, hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi maupun terang-terangan, sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual-beli dan persahabatan.”

Ya khan… Yang penting tuh cari uang saku sebanyak- banyaknya.. Laksanakan!!! Jangan cuman ngributin, berdiskusi atau berpolemik tp ngga jalan2… Nih, ada satu gambaran lagi.. Berkata Ibnu Abbas : “ Allah menjadikan pahala sedekah tathowu’ ( yang tidak wajib ) yang diberikan secara sembunyi-sembunyi sebanyak 70 kali lipat , dan menjadikan pahala sedekah wajib yang diberikan secara terang-terangan sebanyak 25 kali lipat dibanding yg diberikan secara sembunyi-sembunyi. Begitu juga halnya dengan seluruh ibadat wajib dan yang tidak wajib . “

So.. Kalo aku.. Biarpun hanya 25x pahalanya, tapi kalo ada 10 orang lain yg mengikuti kegiatan kita… Dapat pahala 250x juga deh kayak’nya…hehe

Ayoooo cepaaaat mencobaaaaaaa…..